Senin, 04 Februari 2008

3 Kesalahan Bisnis Jaringan

Network Marketing is a business, and just like any business, communication is the lifeline. Duplication is the key to growth in Network Marketing and, training is the key to duplication. Kathi Minsky

Banyak orang gagal dalam bisnis jaringan karena melakukan 3 kesalahan. Menurut Kathi Minsky, seorang pelaku bisnis jaringan terkenal di Amerika, 3 kesalahan tsb adalah: 1) Komunikasi, 2) Duplikasi, dan 3) Training.

Sekarang, mari kita lihat ketiga kesalahan tsb lebih rinci.

Kesalahan #1. KOMUNIKASI

Bisnis jaringan sama dengan jenis bisnis lain, dimana komunikasi sangat vital. Tanpa komunikasi, bisnis jaringan anda tidak akan berhasil. Perhatikan ini:
• Komunikasi dengan anggota jaringan/pelanggan anda sangat vital.
• Komunikasi dengan distributor anda sangat vital
• Komunikasi dengan leader anda (upline dan downline) sangat vital

“Ah, itu mah gampang.” OK lah, Tapi seberapa sering anda berkomunikasi dengan anggota jaringan/pelanggan anda? Sebulan sekali? Jarang? Atau tidak sama sekali? Seberapa sering anda berkomunikasi dengan distributor anda? Setiap minggu? Kalau ingat saja? Atau malah anda lupa sama sekali? Seberapa sering anda berkomunikasi dengan leader anda? Setiap hari? Beberapa kali dalam satu minggu? Atau kurang dari itu?
Kalau komunikasi anda buruk dan bisnis jaringan anda tidak maju-mau atau malah gagal sama sekali, jangan lekas-lekas menyalahkan nasib anda, karena kesalahan komunikasi mudah dideteksi dan diperbaiki. Merekrut anggota baru penting bagi sukses anda dalam bisnis jaringan, tetapi tanpa atau sedikit komunikasi, anggota jaringan anda akan kehilangan semangat dan akan pergi dari anda.

Kesalahan # 2. DUPLIKASI

Bisnis jaringan anda hanya berkembang jika anda melakukan duplikasi. Ingat, bisnis jaringan mirip bisnis waralaba! Dalam bisnis waralaba, anda anda berkembang jika anda menciptakan waralaba baru - duplikasi bisnis anda terus-menerus.

Untuk melakukan duplikasi, anda harus punya sistem duplikasi yang efektif. Anda bisa naik ke peringkat 1, 2, 3, 4 atau 5 dan memperoleh sejumlah bonus, tetapi jika anda tidak memiliki sistem duplikasi efektif, anda tidak akan bisa naik ke peringkat yang lebih tinggi dimana “passive income” berada. Mbok ya… jangan hanya duplikasi bisnis anda kepada Ayah, Ibu, Kakak, Adik, Om, Tante, Opa, Oma, Keponakan, Pacar, Suami, Istri, Bapak Mertua, Ibu Mertua. Banyak distributor Tianshi mentok di Bintang 5 karena kehabisan orang terdekat mereka. Pastikan semua anggota jaringan anda bisa lakukan apa yang anda lakukan! Duplikasi..!

Kesalahan # 3. TRAINING

Training adalah kunci untuk melakukan duplikasi. Ketika anda merekrut anggota baru, tanyakan komitmen mereka, termasuk komitmen training. Anggota baru harus dilatih bagaimana membangun (”duplikasi”) bisnis jaringan mereka. Dengan keahlian duplikasi, merekapun dapat mengajar anggota jaringan mereka dan seterusnya.

Remember, any one of these three FLAWS can be FATAL to your business. Don’t make the mistake of thinking that you can be good at two of the three areas and be weak or poor at another.

Dari Bogor, I wish, sukses untuk anda dan jaringan anda. Jangan lupa:

COMMUNICATE… DUPLICATE … TRAIN

Tidak ada komentar: